Membuka Ruang Informasi Publik, Imigrasi Ponorogo Perkenalkan S-Dawet Jabung PONOROGO – Kantor Imigrasi Ponorogo terus berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan berbasis digital untuk memudahkan masyarakat. S-Dawet Jabung, Satu Data Warta Elektronik Jaringan Terhubung, disosialisasikan oleh Kantor Imigrasi Ponorogo kepada perwakilan masyarakat, pengguna jasa keimigrasian, termasuk dari akademisi di wilayah Kabupaten Ponorogo, Jumat (08/07). Kepala Kantor Imigrasi Ponorogo, Perdemuan Sebayang, memperkenalkan langsung tentang Aplikasi S-Dawet Jabung yang juga merupakan Proyek Perubahan Pelatihan Kepemimpinan III yang sedang diikuti. Berawal dari proses mitigasi resiko yang ada, Imigrasi Ponorogo mencoba membuka ruang informasi publik melalui S-Dawet Jabung, layanan informasi dan pengaduan yang dikemas dalam “SATU” aplikasi berbasis web yang dapat digunakan kapan pun, di manapun tanpa harus unduh dan instal aplikasi. Terdiri dari tiga menu utama yaitu “DATA” menyampaikan data statistik baik WNI maupun WNA, lalu “WARTA ELEKTRONIK” yang memuat berita keimigrasian, peraturan serta SOP, dan terakhir di dalam “JARINGAN TERHUBUNG” masyarakat dapat menyampaikan pengaduan, booking layanan inovasi, cek alur permohonan dan terintegrasinya kanal media sosial, website antar instansi dan layanan yang ada pada Diten Imigrasi. Tersedia juga Help Desk dengan tiga fitur layanan informasi dengan teknologi Botchat yaitu Ipon Chat, WARUNg “WhatsApp Respon langsUNG) dan operator langsung.Perdemuan Sebayang menyampaikan bahwa Gagasan S-Dawet Jabung ini untuk menjawab tantangan publik dan menjalankan amanat dari UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dalam pasal 2 bahwa setiap informasi publik bersifat terbuka dan dapat diakses oleh pengguna informasi serta dapat diperoleh setiap pemohon informasi dengan cepat dan tepat, waktu, biaya ringan, dan cara sederhana. Perdemuan Sebayang juga memaparkan apa saja isi dari Aplikasi S Dawet Jabung termasuk bagaimana mendapatkan layanan informasi dan menyampaikan pengaduan publik hanya dengan ponsel. Melalui Aplikasi S Dawet Jabung, masyarakat tidak perlu khawatir akan kesulitan dalam mengakses karena S-Dawet Jabung sangat user friendly dan dan tanpa instalasi cukup menggunakan web browser dengan alamat url sdawetjabung.com. Fitur yang diharapkan dapat membantu masyarakat dan instansi terkait, misalnya terkait akses data statistik, pertanyaan, maupun mengajukan booking layanan inovasi seperti percepatan paspor dan Eazy Passport secara langsung di aplikasi ini. Tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk mendapatkan masukan dan saran dari pihak eksternal masyarakat maupun kebutuhan internal pegawai dalam rangka menyempurnakan dari S-Dawet Jabung. “Semoga S-Dawet Jabung tidak lama lagi bisa segera kami launching untuk bisa memberikan kemudahan kepada masyarakat dan stakeholder terkait”, tutupnya. Easy to use, everywhere and anytime. (Humas Ipon)
Selamat Datang Kantor Imigrasi Ponorogo Kelas II Non TPI
×
Aksesibilitas
Mode aksesibilitas
Mode Aman Epilepsi
Meredam warna dan menghilangkan kedipan
Mode ini memungkinkan penderita epilepsi untuk menggunakan situs web dengan aman dengan menghilangkan risiko kejang akibat animasi berkedip atau berkedip dan kombinasi warna yang berisiko.
Mode Tunanetra
Meningkatkan visual situs web
Mode ini menyesuaikan website dengan kenyamanan pengguna penyandang disabilitas penglihatan seperti Penurunan Penglihatan, Penglihatan Terowongan, Katarak, Glaukoma, dan lain-lain.
Mode Disabilitas Kognitif
Membantu untuk fokus pada konten tertentu
Mode ini memberikan opsi bantuan berbeda untuk membantu pengguna dengan gangguan kognitif seperti Disleksia, Autisme, CVA, dan lainnya, agar lebih mudah fokus pada elemen penting situs web.
Mode Ramah ADHD
Mengurangi gangguan dan meningkatkan fokus
Mode ini membantu pengguna dengan ADHD dan gangguan perkembangan saraf untuk membaca, menelusuri, dan fokus pada elemen utama situs web dengan lebih mudah sekaligus mengurangi gangguan secara signifikan.
Modus Kebutaan
Memungkinkan penggunaan situs dengan pembaca layar Anda
Mode ini mengonfigurasi situs web agar kompatibel dengan pembaca layar seperti JAWS, NVDA, VoiceOver, dan TalkBack. Pembaca layar adalah perangkat lunak untuk pengguna tunanetra yang diinstal pada komputer dan ponsel cerdas, dan situs web harus kompatibel dengannya.
Pengalaman yang Dapat Dibaca
Penskalaan Konten
Bawaan
Kaca Pembesar Teks
Font yang Dapat Dibaca
Ramah Disleksia
Sorot Judul
Sorot Tautan
Ukuran Font
Bawaan
Tinggi garis
Bawaan
Spasi Huruf
Bawaan
Rata Kiri
Rata Tengah
Sejajar Kanan
Pengalaman yang Menyenangkan Secara Visual
Kontras Gelap
Kontras Ringan
Satu warna
Kontras tinggi
Saturasi Tinggi
Saturasi Rendah
Sesuaikan Warna Teks
Sesuaikan Warna Judul
Sesuaikan Warna Latar Belakang
Orientasi Mudah
Bisukan Suara
Sembunyikan Gambar
Papan Ketik Maya
Panduan Membaca
Hentikan Animasi
Masker Bacaan
Sorot Arahkan kursor
Sorot Fokus
Kursor Gelap Besar
Kursor Cahaya Besar
Membaca Kognitif
Teks pidato
Tombol Navigasi
Navigasi Suara
Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Ponorogo
SURAT PERNYATAAN PENCANANGAN PELAYANAN PUBLIK BERBASIS HAM
Pada hari ini, Kamis, tanggal Empat Belas bulan Maret tahun Dua Ribu Dua Puluh Empat, Saya Robertus Ferdian Augus Sidharta, S.H., M.H., NIP. 197908122000031001 selaku Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Ponorogo, bersama dengan seluruh pegawai pada Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Ponorogo menyatakan: 1. Siap melaksanakan Pelayanan Publik Berbasis HAM (P2HAM) sesuai tahapan, kriteria, dan indikator P2HAM. 2. Siap berkomitmen untuk bersungguh-sungguh akan memberikan prioritas layanan terhadap kelompok rentan (Lansia, Penyandang Disabilitas, Wanita Hamil dan Menyusui serta Anak).
Pernyataan ini dibuat atas kesadaran sendiri dan tanpa paksaan dari pihak manapun dan disaksikan oleh perwakilan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur dan Forkopimda dan dibuat dengan sebenar-benarnya berdasarkan komitmen bersama.
Dibuat di Ponorogo Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Ponorogo
ttd
Robertus Ferdian Augus Sisharta, S.H., M.H. NIP. 197908122000031001