Home Berita keimigrasian Sebagai Unit Pelayanan Publik Ramah Kelompok Rentan Terbaik, Imigrasi Ponorogo Terima Kunjungan Studi Tiru dari Lapas Perempuan Malang

Sebagai Unit Pelayanan Publik Ramah Kelompok Rentan Terbaik, Imigrasi Ponorogo Terima Kunjungan Studi Tiru dari Lapas Perempuan Malang

by admin-se

PONOROGO – Berhasil menjadi Unit Pelayanan Publik Terbaik Penyedia Sarana Prasarana Ramah Kelompok Rentan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi pada tahun 2023, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Ponorogo Kanwil Kemenkumham Jawa Timur menjadi pilihan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas IIA Malang untuk melaksanakan studi tiru.

Hadir langsung dalam kegiatan studi tiru, Kepala LPP Malang, Yunengsih, beserta rombongan disambut hangat oleh jajaran Kantor Imigrasi Ponorogo dan langsung diajak safari untuk melihat secara langsung sarana prasana, fasilitas pelayanan dan inovasi-inovasi yang ada di Kantor Imigrasi Ponorogo, Senin (8/7/2024).

Kepala LPP Malang dalam sambutannya menyampaikan terima kasih telah menerima kunjungan Studi Tiru dari jajaran LPP Malang.

“Kanim Ponorogo menjadi salah satu penerima penghargaan Pelayanan Publik Kelompok Rentan sehingga kami datang kesini untuk melihat dan belajar hingga akhirnya nanti kami menjadi tahu apa saja yang harus disiapkan oleh LPP Malang agar bisa memenuhi seluruh indikator penilaian Ramah Kelompok Rentan dari MenpanRB,” ujar Yunengsih.

Mewakili Kepala Kantor Imigrasi Ponorogo, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Sri Pamungkas Handayani menyampaikan apresiasi dan terima kasih telah memilih Kantor Imigrasi Ponorogo menjadi salah satu kantor yang dipilih oleh LPP Malang untuk melakukan kegiatan Studi Tiru Pelayanan Publik Berbasis HAM.

“Kantor Imigrasi Ponorogo termasuk kantor yang baru di Jawa Timur dengan anggaran yang terbatas karena masih baru naik kelas dari kelas III menjasi kelas II, namun kami seluruh jaajran berupaya semaksimal mungkin untuk memanfaatkan sehingga bisa memenuhi seluruh kriteria dan indikator pemenuhan sarana prasarana untuk kelompok rentan,” ujar S.P. Handayani.

Agenda dilanjutkan dengan pemaparan Penyediaan Sarana dan Prasarana Kelompok Rentan yang disampaikan oleh Analis Keimigrasian Dandy Herlambang. Dalam pemaparannya disampaikan juga inovasi layanan kelompok rentang yang ada di Kantor Imigrasi Ponorogo, baik inovasi secara langsung seperti Dewi Songgolangit atau Pendampingan Kelompok Rentan secara Inklusif maupun inovasi digital yaitu penyediaan fitur Ramah HAM pada website www.ponorogo.imigrasi.go.id dan www.sdawetjabung.com .

Setelah pemaparan, dilaksanakan kegiatan diskusi dan tanya jawab antara kedua unit kerja guna menunjang pemenuhan seluruh indikator pelayanan untuk kelompok rentan.

Pada tahun 2023, Kantor Imigrasi Ponorogo berhasil meraih 2 (dua) penghargaan di bidang kelompok rentan yaitu Penghargaan Unit Kerja Pelayanan Publik Berbasis HAM (P2HAM) dari Menteri Hukum dan HAM RI dan Penghargaan Atas Unit Penyelengara Publik “UPP” Terbaik Penyedia Sarana Prasarana Ramah Kelompok Rentan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Diharapkan dengan adanya studi tiru ini, secara berkelanjutan kedepannya kedua unit kerja dapat saling bertukar informasi dan saling memberikan motivasi serta inspirasi dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan kepada seluruh lapisan masyarakat.

IPON PROMAX Siap WBBM
Imigrasi Ponorogo Profesional Melayani Maximal

You may also like